Mengenal Definisi Dan Mekanisme Kerja Farmakokinetika

Posted by Andi Kusuma

FARMACIA | Mengenal Definisi Dan Mekanisme Kerja Farmakokinetika - Farmakokinetika telah didefinisikan sebagai sesuatu proses yang tubuh lakukan terhadap obat, mulai dari masuknya obat ke dalam tubuh sampai hilangnya obat dari tubuh, yang mencakup absorpsi, distribusi, metabolisme dan eksresi.

Dalam postingan Mengenal Definisi Dan Mekanisme Kerja Farmakokinetika ini, penulis coba menjelaskan bahwa tubuh kita dapat dianggap sebagai suatu ruangan yang terdiri dari beberapa kompartemen yang terpisah oleh membran sel. Sedangkan proses absorpsi, distribusi dan eksresi obat dalam tubuh hakekatnya berlangsung dengan mekanisme yang sama, karena proses ini tergantung pada lintasan obat melalui rangkaian membran tersebut.

Adapun Mekanisme Kerja Farmakokinetika untuk melintasi membran sel ini ada dua cara :

1. Secara Pasif, artinya tanpa menggunakan energi.

a. Filtrasi, melalui pori-pori kecil dari membran, misalnya air dan zat hidrofil
b. Difusi, zat melarut dalam lapisan lemak dari membran sel. Contoh : ion anorganik

2. Secara Aktif, artinya menggunakan energi.

Pengangkutan dilakukan dengan zat hidrofil (makromolekul atau ion) pada enzim pengankut spesifik. Setelah melalui membran, obat dilepaskan lagi. Cepatnya penerusan tidak tergantung pada konsentrasi obat. Contoh : glukosa, asam lemak, garam besi, vitamin B1, B2 dan B12.

Demikian artikel Mengenal Definisi Dan Mekanisme Kerja Farmakokinetika ini. Adapun beberapa artikel lain yang berkaitan dengan artikel ini, silakan baca : Cara Pemberian Obat Ke Pasien, Mengenal Pharmaceutical dan Biological Availability, dan Pengertian dan Penjelasan Ilmu Biofarmasi. Terima kasih.