Mengenal Farmaceutical Dan Biological Availability

Posted by Andi Kusuma

FARMACIA | Mengenal Farmaceutical Dan Biological Availability - Berkaitan dengan artikel sebelumnya tentang "Pengertian Dan Penjelasan Biofarmasi", kini kita membahas tentang aspek yang masih berkaitan, yakni Fase Farmaceutical Dan Biological Availability serta Fase lain yang terakit dalam Biofarmasi.

Definisi Farmaceutical Availability (Ketersediaan Farmasi)

Farmaceutical Availability merupakan ukuran waktu yang diperlukan untuk obat yang dilepaskan dari bentuk pemberiannya dan tersedia untuk proses resorpsi, sehingga bentuk obat padat memerlukan ukuran waktu yang lebih panjang dari pada bentuk obat cair (F.A. tablet lebih besar dari pada F.A. sirup). Banyak penyelidikan tentang hal ini telah dilangsungkan dengan tablet sebagai bentuk sediaan yang paling umum.

Tablet --> Granul Terlepas --> Zat Aktif Terlepas --> Zat Aktif Melarut

Keterangan Skema :
Setelah ditelam, tablet di dalam lambung akan pecah (disintegrasi) menjadi banyak granul kecil yang terdiri zat-zat aktif dengan antara lain zat pengisi dan pelekat. Kemudian granul-granul ini pecah pula, zat aktif terlepas, dan jika zat larutnya cukup besar akan larut dalam cairan lambung atau usus. Baru setelah obat larut, proses resorpsi oleh usus dapat dimulai, proses yang disebut Farmaceutical Availability.

Jelaslah dari uraian diatas, bahwa obat bila diberikan dalam bentuk larutan akan mencapai keadaan Farmaceutical Availability dalam waktu yang lebih singkat daripada tablet.

Kecepatan melarut obat tergantung dari berbagai bentuk sediaan dengan urutan sebagai berikut :

Larutan - Suspensi - Emulsi - Serbuk - Kapsul - Tablet - Enterik Coated - Tablet Kerja Panjang

Definisi Biological Availability (Ketersediaan Hayati)

Bio-Avalability adalah prosentase obat yang diresorspi tubuh dari suatu dosis yang diberikan dan tersedia untuk melakukan efek terapetiknya

Definisi Therapeutical Equivalent (Kesetaraan Terapeutika)

Therapeutical Equivalent adalah Sayarat yang harus dipenuhi oleh suatu obat patent yang meliputi kecepatan larut dan jumlah kadar yang harus dicapai di dalam darah. Kesetaraan terapeutika dapat terjadi pada produksi dari pabrik yang berbeda dan pada batch yang berbeda dari suatu pabrik.

Definisi Bioassay dan Standarisasi


Bioassay adalah Cara menentukan aktifitas obat dengan menggunakan makhluk hidup, misalnya dengan binatang percobaan. Standarisasi adalah kekuatan obat yang dinyatakan dengan satuan Internasional yang dikeluarkan oleh WHO. Ukuran-ukuran standar ini disimpan di London dan Copenhagen.

Demikian pengenalan beberapa istilah Farmaceutical Dan Biological Availability serta istilah lainnya yang terkait. Semoga membantu dan bermanfaat.