Pengertian Dan Penggolongan Obat Kemoterapeutika

Posted by Andi Kusuma

FARMACIA | Pengertian Obat Kemoterapeutika - Jika berbicara tentang obat kimia, maka kita tidak akan lepas dengan yang namanya obat kimia. Kemoterapeutika adalah salah satu contohnya preparat yang kita kenal sekarang ini. Pengertian Obat Kemoterapeutika adalah Obat kimia yang dapat memberantas dan menyembuhkan penyakit-penyakit infeksi yang disebabkan oleh hama-hama, seperti : Protozoa, Bakteri, Virus tanpa merugikan manusia.

Yang termasuk Obat Kemoterapeutika antara lain :

1. Definisi Obat Antibiotika : Zat kimia yang dihasilkan oleh mikroorganisme hidup terutama fungi dan bakteri, yang memiliki khasiat memastikan atau menghambat pertumbuhan banyak bakteri dan beberapa virus besar sedangkan toksisitas bagi manusia relatif kecil.

2. Definisi Obat Antineoplastikum : Zat yang dapat menghentikan pertumbuhan pesat dari sel-sel maligne/sel yang tumbuh secara tidak wajar (kanker).

3. Definisi Obat Antilepra : Obat yang menghentikan penyakit infeksi kronis terutama yag merusak jaringan syaraf.

4. Definisi Obat Fingistatika : Obat yang digunakan untuk menghambat pertumbuhan jamur atau fungi.

5. Definisi Obat TBC : Obat kemoterapi yang dapat menghentikan suatu penyakit yang menular yang biasanya mulai di dalam paru-paru dengan benjolan kecil (tubercel)

6. Definisi Obat Sulfa : Obat kemoterapi yang struktur kimianya mirip pABA (para amino benzoic acid), bahan makanan dari bakteri, kalau bakteri mengkonsumsi sulfa maka bakteri tersebut akan mati.

7. Definisi Obat Malaria : Kemoterapi yang mampu membunuh/menghentikan penyakit infeksi dengan demam berkala yang disebabkan oleh suatu parasit bersel tunggal (protozoa) dan ditularkan oleh nyamuk anopheles.

Demikian beberapa definisi bagian Obat Kemoterapeutika yang dikenal di dunia farmasi dan terapi. Semoga bermanfaat.