Istilah-Istilah Dalam Dunia Farmasi

Posted by Andi Kusuma

FARMACIA | Daftar Istilah Farmasi - Dalam mempelajari obat-obatan atau farmasi banyak aspek yang harus diketahui. Beberapa aspek tadi erat hubungannya dengan beberapa definisi yang dikenal di farmasi, antara lain :

Definisi Farmakologi (luas): adalah Ilmu yang mempelajari sejarah, asal usul obat, sifat fisika dan kimiawi. Cara mencampur dan membuat obat, efek terhadap fungsi biokimia dan faal, cara kerja, absorpsi, distribusi, biotransformasi dan eksresi, penggunaan dalam klinik dan efek toksisnya.

Definisi Farmakologi (sempit): adalah Ilmu yang mempelajari penggunaan obat untuk diagnosis, pencegahan dan penyembuhan penyakit.

Definisi Farmakognosi : adalah Ilmu yang mempelajari pengetahuan dan pengenalan bentuk mikroskopik dan makroskopik berbagai tumbuha-tumbuhan, hewani, mineral dan organisme lainnya yang dapat digunakan dalam pengobatan.

Definisi Biofarmasi : Penyelidikan tentang pengaruh formulasi obat terhadap efek terapeutiknya sehingga bentuk sediaan obat harus dibuat sedemikian rupa sehingga menghasilkan efek yang optimal.

Definisi Farmasi : Ilmu yang mempelajari cara membuat, mencampur dan formulasi.

Definisi Farmakokinetika : Ilmu yang mempelajari cara kerja obat, efek obat terhadap fungsi berbagai organ dan pengaruh obat terhadap reaksi biokimia dan struktur organ tubuh.

Definisi Farmakoterapi : Ilmu yang mempelajari penggunaan obat untuk menyembuhkan penyakit.

Definisi Kemoterapi : adalah Cara pengobatan penyakit yang disebabkan oleh mikroba patogen dengan zat kimia

Definisi Obat Kemoterapi : Adalah obat kimia yang terutama bekerja terhadap kuman parasit dan mikroba patogen lainnya

Definisi Farmakodinamika : Adalah obat yang terutama bekerja terhadap tuan rumah dengan

Definisi Obat Diagnostik : Adalah obat yang membantu untuk melakukan diagnostik (pengenalan penyakit)

Definisi Toksikologi : Adalah Ilmu yang mempelajari keracunan oleh berbagai zat kimia terutama obat

Demikian Istilah-istilah dalam dunia farmasi. Semoga definisi-definisi dapat membantu kita dalam memahami farmasi secara keselurahan nantinya.